Jumat, 13 Juni 2014

Gadang XII...... Aktif, dinamis, Rancak Bana

Diposting oleh Corrina Heparti Novsyiami di 10.21
Reaksi: 

Suasana Pembukaan.
            04  - 08 Juni 2014 di Convention Hall Universitas Andalas. Moment-moment istimewa yang dipunyai oleh FKG Unand. Acara yang dipersiapkan lebih kurang 8 bulan lamanya dalam  3 periode ketua BEM, pengambilan tender di masa Fauzan Ahmadi, persiapan di masa Andrianas jasman dan pelaksanaan di masa Divo zeptian. Dengan totalitas, semua panitia mencurahkan seluruh tenaga dan fikiran  5 hari ini. Acara yang dinamakan Latihan Kepemimpinanan Manajemen Mahasiswa Nasional (LKMMNas) Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) diikuti oleh 24 Institusi Kedokteran Gigi Se-Indonesia dengan total peserta 94 orang. Dari ujung sumatera – pulau makasar.

Delegasi LKMMnas 2014


            Apa itu LKMMNas- PSMKGI dan apa tujuan dari acara ini ? LKMMNas PSMKGI merupakan alur wajib yang harus dijalani oleh calon pengurus PSMKGI periode berikutnya. Artinya ialah LKMMNas ke XII di ranah minang ini bertanggung jawab terhadap kapabilitas dokter gigi ‘aktivis’ beberapa tahun kedepan.   Tujuan dari LKMMNas ini tentunya mengupgrade kemampuan calon pengurus dan menyamakanan ‘suhu’ sebelum nantinya sah dijadikan sebagai pengurus baru.


Tari piriang

            Hari pertama, tanggal 04  juni 2014 mulai jam 19.30 delegasi dari seluruh Indonesia disuguhi dengan opening ceremony khas ranah minang. Tari pasambahan pembuka acara, tilawah qur’an oleh maicitra nurfadli. Kemudian masuk ke sesi kata sambutan, dimulai dari sambutan ketua panitia, ketua BEM KM FKG Unand, Sekjen PSMKGI yang diwakili oleh Za’im Isyraqih, Dekan FKG Unand, Rektor Unand yang diwakili oleh Wakil Rektor III Unand, Walikota Padang yang diwakili oleh kepala dinas kesehatan kota, Gubenur Sumatera Barat yang diwakili oleh kepala sumber daya kegubenuran. Turut sebagai undangan : Presma BEM KM Unand, perwakilan Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) dan ketua Asosiasi Mahasiswa Asrama Unand.  Pada sesi penutup pembukaan acara. Delegasi disuguhi tari piriang dimana sipenari lansung menginjak piring yang telah dipecahkan didepan semua delegasi. Semua delegasi berdecak kagum dan tentu saja detak jantung kami yang hadir pada saat itu tidak kalah hebatnya
Materi pengabdian Masyrakat
Hari ke 2 : 5 juni 2014. Pagi harinya diadakan pemilihan Uda – Uni angkatan, semacam ketua selama LKMMnas ini diadakan. Setelah melakukan musyawarah yang panjang. Terpilih-lah Uda ridwan dari FKG UGM dan Uni Andis dari FKG Unhas Makasar. Pada musyawarah itu juga terciptalah nama angkatan “GADANG XII” dengan slogan “AKTIF – DINAMIS – RANCAK BANA”.


Materi wawasan kebangsaan bersama Indra J Piliang
 Pada hari kedua terdiri dari 5 materi. Analisis organisasi oleh drg. Danny aerosta (sekjen PSMKGI periode 2008/2010). Pelatihan jurnalistik oleh pimpinan Padek. Wawasan kebangsaan oleh Indra J piliang (anggota DPR RI). Pengabdian masyarakat oleh Tommy frahdian, SKG dan Manajemen  forum oleh Edi Kurniawan, SS.

Wacana Publik oleh drg. Ugan Gandra

Hari ke 3 : Hari spesial karena dihari ini delegasi bertemu dengan tokoh penting di PDGI (persatuan Dokter Gigi Indonesia) yaitu Wacana publik oleh drg. Ugan gandra (sekjen PB-PDGI). Pengembangan organisasi oleh Telkomsel. 

Talkshow bersama ketua PB-PDGI 2012/2014 


Meet the expert oleh. Dr.drg.Zaura anggarini (Ketua PB-PDGI 2012/2014) dan pada malam harinya delegasi mendapat undangan jamuan dari walikota padang di palanta bagonjong walikota dan malam harinya  dilanjutkan materi talkhsow PSMKGI dan materi aksi dan kajian strategis  oleh Garry (ketua BEM Universitas Indonesia). Dan setelah materi semua delegasi melakukan aksi shoot video perkenalan International association dental student yang akan diadakan di Indonesia. Welcome to Indonesiaaaaa....  dan pada saat shoot video ini waktu sudah menunjukan pukul 1.00 am – dini hari.


Suasana jamuan makan malam di palanta walikota

Hari ke 4 : Hari yang paling ditunggu oleh delegasi, sejenak melepas lelah dengan  outbond, jalan-jalan dan wisata. Ya pada hari itu kita mengadakan field trip ke malibo anai – Bukitinggi dan Padang Panjang.  Di malibo anai semua delegasi melakukan outbond yang akan menguji kekompakkan semua delegasi sambil mereview semua materi LKMMnas, di bukitinggi semua delegasi bebas untuk wisata dan di padang Panjang delegasi disuguhi kenikmatan sate mak syukur yang sudah terkenal se antero negeri. Setelah puas berbelanja dan makan, delegasi pulang kepenginapan karena besok masih ada materi.

delegasi field trip di Bukitinggi
Hari ke 5 : Materi resolusi konflik dalam bentuk FGD. Pada FGD semua grup berlomba-lomba untuk mengeluarkan ide dan argumen cerdasnya masing-masing. Dan tentu saja diakhir FGD ada saran membangun dari orang yang sudah ahli dan lalu –lalang didunia perdebatan ini. Setelah semua acara selesai saatnya untuk penutupan. Ada sesi pengumuman delegasi terbaik. Delegasi terbaik jatuh kepada dari Universitas Moestopo dan Corrina Heparti N dari Unand.

Kenang-kenangan dari seluruh delegasi

Pada saat penutupan, Panitia  mendapat suprise luar biasa  dari delegasi yang membuat suasana antara panitia dan delegasi menjadi semakin mencair dan membawa kesan tersendiri didalam hati masing-masing. Setelah begitu bersusah payahnya panitia. Tidur paling akhir, makan paling akhir dan datang paling cepat. Suprise dari delegasi sedikit banyaknya mengobati jerih payah panitia ini.

Foto bersama delegasi dan panitia 
Terima kasih untuk semua panitia yang luar biasa. Yang mengobarkan tenaganya, mengorbankan fikirannya, mengorbankan hartanya, mengorbankan egonya dan lainnya. Teman-teman luar biasa dan untuk seluruh delegasi mohon ma’af atas segala kekurangan dari kami pihak penyelenggara dan jangan kapok main kepadang. Semoga tujuan LKMMNas 2014 dapat terwujud. Gadang XII...... Aktif – Dinamis – Rancak Bana.

Hidup Mahasiswa – Viva PSMKGI !!




#Semua dokumentasi saya ambil dari FB PSMKGI dan  twitter panitia.
#semoga representatif :D



0 komentar:

Posting Komentar

 

Segores Tinta, Sekeping Hati, Mujahidah Sejati Blog by Corrina | Facebook