Sabtu, 18 Oktober 2014

Tapian Danau kito

Diposting oleh Corrina Heparti Novsyiami di 05.28
Reaksi: 

Ria-riak danau manapi masih rajin manari...Tapian Danau kito.. Masih Sajaniah dulu..  (ada yang masih ingat lagu ini ?)

            Hari ini 18-10-2014 saya diminta mengisi LDK (latihan dasar kepemimpinan) di almamater tercinta SMA N I Lembah Gumanti. Dengan bergantinya kepengurusan tentu berganti pula struktur, program kerja dan lainnya dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Bertemu dengan adek-adek luar biasa, generasi penerus peradaban kepemimpinan SMA N I Lembah Gumanti. Nah tentu saja, wajah OSIS  hari ini merupakan tiang bagi OSIS kedepan. Apakah ingin OSIS semakin baik atau tidak, maka tiangnya ada pada OSIS hari ini.

Tapian Danau Kito 


            Sebenarnya sudah lama saya tidak mengisi materi tentang keorganisasian sekolah. Membuat saya butuh waktu untuk mencari file-file lama mengenai ke-OSIS an. File demi file muncul setelah diketikan kata kunci pada mesin pencari. File muncul sembari memori  kenangan masa lalu  menyeruak tentang  1 tahun memimpin OSIS.


            Memori  yang pertama muncul ialah  tentang pemilihan ketua OSIS. Pada saat itu, untuk pertama kalinya ada penyampaian visi dan misi calon ketua OSIS didepan semua siswa, guru dan kepala sekolah. Untuk pertama kalinya suara pemilihan ketua OSIS diambil dari semua elemen, siswa, guru dan kepala sekolah. Dan untuk pertama kalinya  bidang OSIS menjadi 10 (sebelumnya ada 8).

            Memori pemilihan selalu menjadi memori yang tidak dapat dilupakan, diantara 5 orang luar biasa calon ketua. Disaat skill kepemimpinan masih pas-pasan, disaat tidak tau apa-apa, disaat semuanya masih awam dan disaat emosi masih belum stabil (haaaa pasti tau maksudnya haa). Posisi ketua OSIS diamanahkan kepada saya.  Pergantian kepengurusan berlansung khidmat dengan iringan kibaran bendera merah putih dan bendera OSIS. Dengan dentuman pembacaan sumpah  OSIS periode 2009-2010 resmi dilantik. Maka hari itu ada semacam beban dipundak yang harus dituntaskan dengan baik.  
      Beberapa saat setelah pelantikan ketua OSIS, ada undangan untuk mengikuti latihan kepemimpinan dasar untuk ketua OSIS se-Sumatera Barat di Hotel Pangeran city. Setiap kab./ kota hanya mengirimkan  3 orang ketua OSIS saja. Latihan itu benar-benar  mengajarkan saya bahwa dalam memimpin  mesti ada skill kepemimpinan tersendiri yang harus diterapkan. Pemateri luar biasa satu persatu berdatangan mengajari kami mengenai keorganisasian sekolah. Dan tentu saja hasilnya dapat saya lihat sekarang, tidak sedikit teman saya yang mengikuti kegiatan pada saat itu yang hari ini sudah menjadi orang besar mulai dari Uni Kota Padang sampai calon Presiden Mahasiswa salah satu Universitas Terkenal dikota saya. Luar biasa memang.

Dokumentasi HOP-C 

            Menjalani hari-hari pada saat itu tidaklah semudah yang dibayangkan. Alhamdulillah saya mempunyai tim yang luar biasa. Terima kasih kepada inti OSIS : Wakil ketua Romi yang sudah sangat banyak membantu, Bendahara Zarwan Marnisa dan Nandila yang selalu cekatan kalau sudah masalah duit :p, Sekretaris Sahad dan Vira. Teman-teman benar-benar luar biasa. Yang selalu memberikan dukungan disaat yang lain menyerah dan selalu menjadi garda terdepan dalam kegiatan OSIS. Apa kabarnya hari ini ?

            Teman-teman di MPK yang luar biasa, saling bersinergi, bahu membahu membantu proker OSIS walau tak jarang kita beda pendapat dan bertengkar (haaaa). Terima kasih Ketua MPK Gilang kurniawan, Maria, Randi, Sari dan Wiwi, semua silang pendapat dan debat yang terjadi akan menjadi pelajaran berharga bagi saya.

            Teman-teman seksi bidang yang luar biasa : Sri, Nova, Puput, Vini, Deli, Yulia, Mutiara, Santisa,  Yaumil, Titip, Raffi, Erizal, Fauzan, Syafrianto, Aida Ramadhani, almh.Meyza, Sabar, Andre, Rio, Zeli, Ayu, Elfi, Defriza, Mawarti, Remdani, Oka, Alhadi, Helmida, Fitri, Zulva hendriko, Aristo, Dion, Ulfa, Rezki, Riski fadli, Mike Desri, Yuli, Irma, Mike wulan, Sabrina, Fathun Nisa, Aida Fitriani, Delvia, Nurhayati, Fadrian, Rita dan lainnya yang belum disebutkan.

            Begitu banyak kenangan kita. Masih ingat Gempa besar di Sumbar 30 September 2009 ?. Hei bukankah OSIS kita membawa 1 truk bantuan ke Pariaman, rela pagi-pagi kepasar sayur untuk minta bantuan. Masih ingat acara solo-song yang kita adakan sampai harus membuat pentas saat diguyur hujan? Teman-teman benar-benar luar biasa menyelesaikannya. Masih ingat acara Latihan Dasar Kepemimpinan kita yang diiukuti dengan agenda pembuatan program kerja dibulan puasa yang teman-teman rela tidak libur puasa demi membuat program kerja ? 
                  Masih ingat dengan kegiatan class meeting kita yang banyak jumlahnya dan seru itu lho, sampai ada konflik kelas dan lainnya. Masih ingat dengan persiapan perpisahan yang diadakan OSIS yang tiap hari sampai hari H kita selalu pulang larut ? Masih ingat dengan acara MOS yang kita adakan ? Masih ingat dengan jaket OSIS yang kita punya ? Masih ingat dengan kantin yang kita gerakkan kembali ? Masih ingat dengan komputer OSIS yang kita punya ? Masih ingat kita goro sekretariat OSIS sampai magrib ? Masih ingat dengan latihan upacara tiap sabtu dari OSIS yang selalu kita adakan dan hasilnya selalu top markotop ? Masih ingat acara pemilihan guru terinovatif, terdisiplin dan terfavorit yang berlansung meriah ?

Pada saat MOS adek2 baru


wawancara calon pengurus baru

OSIS diminta ngisi acara pemuda pancasila dalam rangka 17 agustusan

Alhamdulillah menang

Suasana Latihan Dasar Kepemimpinan Osis dan pembuatan program kerja

Buka puasa bersama dan sholat berjamaah pada saat penyusunan program kerja


            Begitu banyak kenangan yang kita punya dan disimpan erat. Mohon ma’af atas khilaf serta salah selama menjadi ketua OSIS yang banyak mengecewakan serta melukai hati teman-teman. Ada kata yang tidak pada tempatnya, ada sikap yang salah. Semoga kita semua bisa sukses kedepannya.

Terima kasih kepada kedua orang tua saya Ibu Siti Aisyah, S.Pd dan Bapak Nofiardi, S.Pd. Kepala Sekolah SMA N I Lembah Gumanti periode itu Bapak Milbusri, S.Pd,MM. Wakil Kesiswaan Ibu Yanofidawati, S.Pd, Wakil Humas Bapak Drs. Adri Fauzi, Wakil Kurikulum Ibu Afifah Irnayati, S.Pd.  Pembina OSIS SMA N I Lembah Gumanti 2009/2010 alm. Bapak Dodi Iswanto dan  Ibu Neni Triana, S.Pd, Pembina OSIS perbidang : Ibu Suri Cahyati, S.Pd, Ibu Fiona Silvi,S.Pd, Ibu Helsi Marlina, S.Pd, Ibu Afrilda Yenti, S.Pd, Ibu Novermayati, S.Pd, Ibu Yendrawita, S.Pd. Serta guru-guru SMA N I Lembah Gumanti dan yang luar teman-teman pengurus OSIS semua. Kalau bukanlah karena OSIS tentu saya tidak akan pernah punya kegiatan organisasi seperti sekarang.  :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Segores Tinta, Sekeping Hati, Mujahidah Sejati Blog by Corrina | Facebook